Blog Edukasi - Setelah sebelumnya saya sudah menuliskan pidato tentang Contoh Pidato "Dampak Industrialisasi terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" kali ini saya akan membagikan pidato ke dua saya yang kali ini saya beri Tema Siapkah bangsa Indonesia memasuki era globalisasi?

Tema: Siapkah bangsa Indonesia memasuki era globalisasi?
Judul: Siapkah bangsa Indonesia??

Yang saya hormati Ibu guru mata pelajaran Bhs. Indonesia
Dan yang selalu dibanggakan teman-teman saya yang super.

Assalamualaikum wr.wb.
Apakah bangsa Indonesia siap? Pertanyaan yang tidak asing lagi jika saya tanyakan kepada anda semua. Tapi, siap dalam hal apa? Tentunya dalam menghadapi era industrialisasi yang terjadi. Sebagai bagian dari pengaruh industralisasi tersebut, kita patut untuk mengetahui apakah kita siap atau tidak terhadap pengaruh industrialisasi.
Saudara-saudara saya yang super
Industrialisasi adalah proses perubahan sosial ekonomi yang merubah sistem pencarian masyarakat agraris menjadi masyarakat industry. Hal ini sangat berkaitan erat dengan adanya modernisasi, khususnya modernisasi dalam bidang teknologi. Semakin meningkatnya peran teknologi di dunia, menyebabkan cara-cara konvensional semakin terpinggirkan. Ini memang kemajuan yang sangat baik, namun juga menyebabkan dampak yang luar biasa. Dalam hal ini adalah dampak dalam dunia industri.
Saudara-saudara saya yang super.
Industrialisasi dengan alat-alat teknologi canggih selalu menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Misalnya saja polusi udara, polusi air, kebisingan, muncul berbagai jenis penyakit baru dan pathogen (mikroorganisme yang berbahaya). Dampak yang paling berbahaya adalah pemanasan global, banyak pabrik-pabrik industry yang menyebabkan polusi udara yang mengganggu lapisan ozon. Sehingga lapisan ozon terganggu dan semakin meningkatkan suhu udara di bumi. Hal yang paling menakutkan adalah, karena pemansan global ini menyebabkan ketahana pangan masyarakat dunia semakin menurun.
Saudara-saudara sekalian yang super.
Dampak lain dari industrialisasi adalah dampak dalam social budaya. Industri-industri pada kenyataannya banyak menjamur di kota-kota besar, hal ini menyebabkan para tenaga kerja terpaksa berpindah dari tempat tinggal mereka, ke kota. Ini juga menimbulkan dampak baru, terjadi penumpukan penduduk di kota, pembangunan dikota semakin meningkat dibandingkan di desa karena penduduk yang semakin bertambah, muncul perumahan kumuh, berbagai macam penyakit dan penyakit sosial dalam masyarakat.
Saudara-saudara sekalian yang super.
Apa yang dilakukan pemerintah?? Ditengah permasalahan di atas, pemerintah tetap gencar menjadikan Negara Indonesia sebagai Negara industri. Baik struktur organisasi, ideology dan kepemimpinan terus diregenerasi agar mampu membendung dapmpak dari industrialisasi yang ada. Namun, dampak yang timbul justru lebih cepat berkembang daripada penanggulangan yang ada.
Saudara-saudara sekalian yang super.
Jadi, apakah bangsa kita siap?? Menurut saya, penanggulanagn memerlukan SDM yang handal. Lucunya, bangsa kita justru menghargai para SDM handal ini dengan harga yang murah, tentu saja para tenaga kerja akan berpikir untuk tidak perlu terlalu meningkatkan kemampuan mereka karena hanya akan dibayar dengan harga yang sama. Seharusnya kita lebih memberikan penghargaan yang sepantasnya untuk pra tenaga kerja yang handal ditiap bidangnya. Demikian pidato saya.
Wassalamualaikum wr.wb.
0 Komentar untuk "Pidato Siapkah Bangsa Indonesia Memasuki Era Globalisasi?"
BLOG EDUKASI © 2015. All Rights Reserved.
Template HITAMZ V.2 By SEOCIPS , Powered By Blogger