Blog Edukasi - Setelah sebelumnya saya telah membagikan banyak kategori tugas yang telah diberikan oleh dosen dan guru seperti, |TIK|, |KIR|, |Kimia SMA|, |Biologi| dan Masih Banyak Lainnya. jadi kali ini saya akan membagikan sedikit tugas Bahasa Indonesia yakni Contoh Pidato yang pernah saya bawakan di Sekolah saya yakni SMA Negeri 1 Bulukumba, sekolah ini meerupakan sekolah unggulan di Bulukumba, jadi saya bangga pernah sekolah disana dan membuat saya jauh lebih baik dari sebelumnya. Ehhh...kok aku basa-basi banget yah!. Baiklah Tanpa Basa-basi berikut contoh Pidatonya Kawan: 

“Dampak Industrialisasi terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”

Assalamu alaikum wr. Wb
Yang terhormat ibu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan teman-teman sekalian yang saya banggakan, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt karena atas berkah dan inayah-Nya lah sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat sesederhana ini guna melaksanakan proses belajar mengajar. Dan tak lupa pula kita kirimkan shalawat kepada nabi Muhammad saw, nabi yang telah membawa kita dari zaman kebodohan ke zaman yang berilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya untuk menyampaikan sebuah pidato singkat yang berjudul “Dampak Industrialisasi terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.
Hadirin yang saya hormati,


Sebagaimana telah kita ketahui bahwa industrialisasi adalah suatu proses dimana yang sangat berperan dalam peningkatan ekonominya adalah industry atau merupakan cara pandang dari sekelompok orang dalam mengelola industri. Industrialisasi itu sendiri akan berjalan apabila didasarkan pada keunggulan di Negara bersangkutan. Karena keunggulan bangsa Indonesia terletak di sector pertanian, maka industrialisasi seharusnya bersumber pada sector tersebut. Jika tidak demikian, industrialisasi akan menimbulkan masalah ketimpangan dan pengangguran. Pada dasarnya sector pertanian akan meningkatkan permintaan awal (input) bagi barang-barang industri. Sedangkan proses industrialisasi sangat membutuhkan bahan mentah maupun setengah jadi dari komoditas primer, khususnya produk pertanian.
Berbicara mengenai industrialisasi terdapat pula keuntungan dan kerugiannya atau dengan kata lain terdapat dampak positif dan dampak negatifnya apabila diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena industrialisasi merupakan suatu gejala yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembangunan karena merupakan mesin dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Secara umum keuntungan dari industrialisasi adalah meningkatkan devisa Negara, menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, terbukanya usaha-usaha di sector informal serta berkurangnya ketergantungan dari produk luar negeri.

Industrialisasi sejak semula sangat berkaitan dengan masalah-masalah social kemasyarakatan. Adanya perbedaan pendapat ekonomi cenderung membuat manusia mengukur segala sesuatu dengan tingkat harga tertentu. Dengan perbedaan tersebut memunculkan diskriminasi sosial. Sehingga muncullah kerugian industrialisasi seperti mobilitas penduduk dan masalah demografi, masalah pencemaran lingkungan hidup, perubahan fungsi lahan dan pencemaran tanah serta terjadinya perubahan perilaku masyarakat yang menimbulkan konflik sosial.
Hadirin sekalian,
Dengan melihat dari dampak positif dan negative tersebut hendaklah kita sebagai generasi muda mulai memikirkan nasib bangsa kita sendiri, apakah akan menggunakan industrialisasi sebagai alat untuk memajukan bangsa dengan menekan segala dampak positif dan memegang serta mempertahankan segala dampak positifnya karena nasib bangsa kita ada di tangan kita sendiri. 
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Wabillahi taufiq walhidayah,
Wassalamu alaikum wr. wb
0 Komentar untuk "Contoh Pidato "Dampak Industrialisasi terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”"
BLOG EDUKASI © 2015. All Rights Reserved.
Template HITAMZ V.2 By SEOCIPS , Powered By Blogger