Blog Edukasi - Selamat Pagi Sobat Blogger. Bagaimana kabar kalian? sehat semua kan ! saya yakin pasti kalian semua sehat wal Afiaat...Bagi yang lagi kurang sehat saya doakan semoga lekas sembuh dan beraktifitas lagi seperti biasa. ohh iya sobat Edukasi kali ini saya ingin membagikan sedikit Kisah sejarah Terbentuknya adat atau tarian dari masyarakat Bugis Yaitu Gandrang Bulo. kalian Pasti belum tau apasih yang dinamakan Tarian Ganrang Bulo? Untuk Lebih jelasnya Lihat dibawah ini sejarah singkat Ganrang Bulo.


Pada zaman mendaratnya jepang di Indonesia, rakyat sulawesi selatan dibuat menderita dengan diberakukan kerja paksa, bahkan sampai mendapat pukulan, tendangan dan cambuk dari tentara jepang.

Pada saatistirahat tanpa pengawasan tentara jepang, para pekerja bermain – main menyanyikan lagu – lagu jenaka sambil meakukan adegan – adegan lucu yang diambil dari gerakan tentara jepang, bagaimana mereka dihukum pada saat bekerja. Sebelum tahun 60an ganrang bulo dimainkan oleh orang dewasa dengan membuat lingkaran. Mereka menyanyikan lagu jenaka dan gerakan –gerakan lucu yang dimainkan secara bergiliran dengan instrumen bambu yang berfungsi sebagai alat musik dan properti.

Kemudian tari gandrang bulo berubah menjadi permainan anak – anak. Tari tersebut berfungsi sebagai hiburan dan untuk menyambut tamu pernting negara. Dua jenis tarigandrang bulo yaitu gandrang bulo lolo gading dan gandrang bulo 1942. Gandrang bulo lolo gading dalam penampilannya mengungkapkan betapa mulianya kedudukan bambu berbintik di sisi bambu yang lain, sementara gandrang bulo 1942menampilkan ungkapan peristiwa mendaratnya jepang di Indonesia.

Sekian dulu sejarah singkat Ganrang Bulo semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.
1 Komentar untuk "Sejarah Singkat Tari Ganrang Bulo Sulawesi Selatan"

KISAH NYATA..............
Ass.Saya BPK. MUHAMAD ISKANDAR Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
PESUGIHAN DIMAS KANJENG

BLOG EDUKASI © 2015. All Rights Reserved.
Template HITAMZ V.2 By SEOCIPS , Powered By Blogger